Posted by : AldoDasa 27 Nov 2012
Tag :

Lanjutkan Aza Gan!!

Animasi atau lebih akrab dengan sebutan film animasi adalah film yang merupakan hasil dari pengolahan gambar tangan sehingga menjadi gambar yang bergerak.
pada awal penemuannya, film animasi dibuat dari berlembar-lembar kertas gambar yang kemudian diputar sehingga muncul efek gambar bergerak. Dengan adanya komputer, pembuatan animasi menjadi sangat mudah dan cepat.
Begitu cepatnya waktu bergulir dan teknologi berkembang dengan pesatnya. salah satu yang menonjol dari perkembangan itu adalah dunia animasi seperti ini.


Wayang kulit merupakan salah satu bentuk animasi tertua di dunia. Bahkan ketika teknologi komputer dan elektronik belum ditemukan pertunjukan wayang kulit telah memenuhi semua elemen animasi seperti layar, gambar bergerak, dialog/pembicaraan, dan ilustrasi musik yang pada waktu itu menggunakan alat-alat seperti gamelan.
Ada dua proses pembuatan film animasi, diantaranya adalah konvensional dan digital.
Proses secara konvensional membutuhkan dana yang cukup mahal, sedangkan proses digital membutuhkan dana yang cukup ringan.
Sedangkan dalam hal perbaikan, proses digital lebih cepat dibandingkan proses konvensional.
Tom cardon seorang animator yang pernah menangani film animasi Hercules mengakui komputer cukup berperan dalam perbaikan.
Perbaikan secara konvensional dapat memakan waktu 1 sampai 2 hari, namun perbaikan digital hanya memerlukan waktu 30-45 menit.
Kemudian untuk proses dubbing atau pengisian suara dapat dilakukan sebelum atau sesudah membuat animasi.
Kebanayakan proses dubbing dilakuakan bersamaan dengan pembuatan animasi. Film animasi terdiri dari 2 jenis, yaitu Animasi 2 Dimensi dan Animasi 3 Dimensi.


Animasi 2Dimensi adalah animasi yang terdiri dari gambar/objek 2 dimensi. Cara yang dapat digunakan dalam membuat animasi jenis ini adalah Teknik Celluloid (kadang-kadang disebut menjadi cell) ini merupakan teknik mendasar dalam pembuatan film animasi klasik.
Setelah gambar menjadi sebuah rangkaian gerakan maka gambar tersebut akan ditranfer kertas lembaran transparan (plastik) yang tembus pandang/ cell yang diwarnai oleh Ink and Paint Department.
Setelah selesai film tersebut akan direkam dengan kamera khusus, yaitu multiplane camera di dalam ruangan yang serba hitam.
Objek utama yang mengeksploitasi gerak dibuat terpisah dengan latar belakang dan depan yang statis.
Dengan demikian, latar belakang dan latar depan dibuat hanya sekali saja. cara ini dapat menyiasati pembuatan gambar yang terlalu banyak.

Animasi 3Dimensi merupakan animasi yang objek-objeknya berupa gambar 3 dimensi sehingga menimbulkan kesan seolah-olah nyata.
Animasi ini biasanya disunakan dalam penanganan grafis.
3D secara umum merujuk pada kemampuan dari sebuah video card(link). Saat ini video card menggunakan variasi dari instruksi-instruksi yang ditanamkan dalam video card itu sendiri (bukan berasal dari software) untuk mencapai hasil grafik yang lebih realistis dalam memainkan game komputer.
Animasi merupakan salah satu bukti perkembangan teknologi yang semakin canggih dan modern. nahh.. sampe disini dulu ya pembahasannya. terimakasih..

Source:http://ajarmultimedia.blogspot.com/2012/05/animasi-atau-lebih-akrab-dengan-sebutan.htm

Leave a Reply

Harap Comment Dengan Sopan

No Sara No menghina No Link Berlebihan
Jika Ingin Di Visit Back Silahkan Kasih Link Blog Kalian Di Comment Ini

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Diberdayakan oleh Blogger.

Laman

Popular Post

Translate

Labels

About Metro

Follow us on Facebook

My banner (176 X 62)



Press CTRL + C to copy

Donate

Silahkan Klik Tombol Di Atas Untuk Donasikan Dollarmu Tidak Ada Pemaksaan Ok!!

Banner Temen

Sumatera Cheater |Semua Ada Di Sini DodeNyMous Diitra | Alur Cerita 88X31 88X31 88X31 88X31 88X31 88X31 88X31

- Copyright © 2013 TrueLove04 -Sao v2- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -